Tuah Keramat Sialang Soko Juara I Pacu Jalur 2022

Tuah Keramat Sialang Soko Juara I Pacu Jalur 2022

Jalur Tuah Keramat Sialang Soko keluar sebagai juara I pada Festival Pacu Jalur 2022 yang diselenggarakan Kuantan Sengingi.

Baca juga: Kementrian ATR/BPN Akan Blokir HGU Dua Perusahaan di Kuansing

Jalur dari Desa Setako Raya Kecamatan Peranap Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Riau itu berhasil mengalahkan Jalur Toduang Biso Rimbo Piako dari Pebuan Hilir, Kecamatan Kuantan Mudik, Kabupaten Kuantan Sengingi, Riau. Dengan begitu, piala bergilir Menteri Pariwisata RI dimenangkan oleh Jalur dari Kabupaten Indragiri Hulu.

Pada lintasan pacu Tepian Narosa yang berlangsung pada Kamis (25/8/2022) sore, perpacuan antara kedua berlangsung sangat seru dan sengit, penonton tumpah ruah hingga menceburkan diri ketepian sungai, berteriak heboh saling mendukung kedua jalur. Namun akhirnya digaris finish, Jalur dari Desa Setako Raya berhasil memastikan kemenangannya sebagai juara Pacu Jalur 2022 setelah mengalahkan Jalur Toduang Biso Rimbo Piako dari Pebuan Hilir.

Final Pacu Jalur 2022 tersaji final segitiga. Final segitiga terjadi karena tiga jalur berhasil menembus tiket final, adapun ketiga Jalur tersebut ialah Jalur Tuah Keramat Bukut Embun dari Desa Guminti Peranap, Jalur Toduang Biso Rimbo Piako dari Pebuan Hilir, Kecamatan Kuantan Mudik dan Jalur Tuah Keramat Sialang Sako dari Desa Setako Raya Kecamatan Peranap Kabupaten Indragiri Hulu.

Putaran final pertama adalah Toduang Biso Rimbo Piako berhadapan dengan Tuah Keramat Bukit Embun. Toduang biso rimbo diposisi lintasan sebelah kiri sedangkan jalur Keramat Bukit Embun berada dilintasan sebelah kanan. Sedangakn Jalur Tuah Keramat Sialang Soko mendapat undian tunggu.

Perpacuan antara Toduang Biso Rimbo Piako vs Tuah Keramat Bukit Embun berlangsung sengit dan seru. Alhasil Jalur Toduang Biso Rimbo Paiko keluar sebagai juaranya.

Akhirnya pada putaran akhir final Pacu Jalur 2022 berlangsung dalam kondisi senja, Matahari tenggelam diufuk barat barat. Perpacuanpun memasuki garis start, Tuah Keramat Sialang Soko berada dilintasan kanan sedangkan Toduang Biso Rimbo Piako berada dilintasan kiri. Ketika perpacuan dimulai, Jalur Tuah Keramat Keramat Sialang Soko langsung melesat meninggal Jalur Toduang Biso Rimbo Piako. Dan akhirnya Jalur Tuah Keramat Sialang Soko dari Kabupaten Indragiri Hulu tersebut terpilih menjadi penenangnya.

Banyak dari kalangan penonton menilai faktor kelelahan menjadi pemicu utama dari kekalahan Jalur Toduang Biso Rimbo Piako karena sebelum para pemacu jalur ini bertanding melawan Tuah Keramat Bukit Embun pada putaran final segitiga. Namun bagaimanapun hasil tersebut terjadi karena undiah dan tidak ada intervensi dari pihak manapun.

Dengan demikian Jalur Tuah Keramat Sialang Soko keluar sebagai juara I Pacu Jalur 2022 dan berhak atas hadiah piala bergilir Menteri Pariwisata RI dan juga hadiah uang tunia sebesar Rp 150 juta dan sepasang sapi.

Untuk Juara II Toduang Biso Rimbo Piako mendapat hasiah uang tunai sebesar Rp 130 juta dan satu ekor sapi. Kemudan juara ke III Tuah Keramat Bukit Embun mendapat hadiah uang tunai sebesar Rp 115 Juta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *