Tips Menjaga Kesehatan Jantung

Tips Menjaga Kesehatan Jantung

Halokuansing – Tips Menjaga Kesehatan Jantung. Jantung merupakan organ penting dari tubuh kita, jantung merupakan organ yang memompa darah keseluruh tubuh kita, jantung tidak pernah beristirahat bahkan saat kita tidur sekalipun.

Menjaga kesehatan jantung itu sangat penting karena begitu banyak resiko penyakit yang akan menghampiri jika tidak menjaga kesehatan jantung, diantara penyakit yang terkenal adalah gagal jantung ataupun serangan jantung.

Pastinya kita tidak inginkan terkena penyakit tersebut, berikut tips yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan jantung dilansir dari Kementrian Kesetahan Republik Indonesia:

Baca juga: Ratusan Kerbau Di Kampar Mati Mendadak, Ini Penyebabnya

  1. Olahraga teratur
    Olahraga merupakan cara sehat dan murah untuk menjaga kesehatan jantung. Dengan berolahraga membuat seluruh anggota badan kita bergerak. Rutin berolahraga akan membantu kita dapat mengendalikan berat badan yang bedampak baik pada kesehatan jantung.
  2. Stop Merokok
    Kebiasaan merokok ternyata berefek buruk bagi jantung. Merokok dapat merusak arteri paru-paru yang akan berdampak pada kurangnya udara segar yang mengandung oksigen untuk alirkan keseluruh tubuh.
  3. Minum teh hijau
    Ternyata teh hijau bermanfaat baik bagi jantung. Teh hijau bisa mencegah kerusakan yang terjadi pada pembuluh darah. Hal ini dikarenakan teh hijau mengandung kadar antioksidan yang sangat tinggi. Oleh karenanya cobalah mulai meminum teh hijau secara teratur tanpa tambahan gula guna menjaga dan memelihara kesehatan jantung.
  4. Relaksasi tubuh
    Sebagai manusia tentunya kita punya aktifitas yang padat, baik itu bekerja, sekolah maupun lainnya. Dengan padatnya aktifitas ternyata jika tidak diselingi dengan istirahat atau relaksasi berdampak buruk bagi kesehatan jantung. maka cobalah untuk berhenti sejenak dari rutinitas dan buatlah tubuh anda untuk releks. Coba lakukankan relaksasi atau meditasi saat pagi ketika selesai solat subuh. Hal itu dapat menjaga kesehatan jantung anda.
  5. Istirahat yang cukup
    Isitirahat atau tidur yang teratur baik untuk kesetan jantung. berdasarkan sumber, waktu istirahat yang baik adalah delapan jam dalam sehari. Hasil penelitian menjelaskan kekurangan tidur terutama pada malam hari dapat mengakibatkan kerusakan pada jantung. dengan menjaga kualitas tidur, kita dapat meminimalisir resiko serangan jantung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *