Tips Mencegah Pikun Di Usia Muda

Tips Mencegah Pikun Di Usia Muda

HaloKuansing – Lupa terhadap hal-hal sedehana alias sejak dini adalah hal yang sangat menakutkan bagi anak muda, hal ini dikarenakan pikun adalah tanda-tanda seseorang sudah tua namun jika hal tersebut sudah terjadi diusia muda hal tersebut tentunya sangat menakutkan. Oleh karenanya ada hal-hal tertentu yang mesti dilakukan untuk mencegah pikun di usia muda.

Berikut tips yang dapat anda lakukan untuk mencegah pikun di usia muda:

  1. Rutin Olahraga
    Olahraga memiliki banyak manfaat, salah satunya dapat membantu untuk mencegah terjadinya pikun. RIset membuktikan, olahraga ringan selama 30 menit setiap hari seperti joging, bersepeda, dan jalan kaki juga sudah sangat membantu mencegah pikun di usia muda. Hal ini karena aktivitas tersebut bisa memicu terbentuknya Brain Derived Neurotrophic Factor (BDNF), sejenis protein yang mendukung kehidupan sel saraf pada otak.
  2. Bermain Alat Musik
    Selain olahraga, bermain alat musik juga dapat mencegah pikun. Berdasarkan hasil penelurusan, main alat musik juga membantu otak berkonsentrasi, terutama hal ini bisa rutin anda lakukan. Nyatanya, melatih otak pada hal baru dan kompleks seperti mengingat tanda nada atau not balok dalam jangka waktu tertentu, bisa membantu mengurangi risiko terjadinya penurunan fungsi kognitif pada otak.
  3. Bersosialisasi
    Sejumlah masalah kesehatan mental yang terjadi, seperti depresi, stres, tekanan kerja dapat memengaruhi kemampuan otak dalam mengingat. Sebab, hal ini dapat mengarah pada terjadinya demensia. Agar dapat mencegah terjadinya hal tersebut, luangkan waktu untuk bersosialisasi dengan orang lain dapat juga bercengkrama mengobrol degan orang terdekat. Dengan begitu, kamu tidak merasa sendirian dan tetap dapat terhubung dan berkomunikasi langsung dengan orang lain.
  4. Membaca Buku
    Ternyata, aktifias membaca yang menjadi sebuah hobi dapat menjadi salah satu kegiatan untuk mencegah terjadinya pikun di usia muda. Terlebih lagi jika dilakukan secara rutin atau menjadikannya hobi dan kebiasaan. Dengan aktifitas membaca menjadikan otak akan terus aktif dalam memproses segala informasi baru yang anda peroleh.
  5. Konsumsi Makanan Sehat
    Pikun di usia muda dapat dengan pola hidup sehat yakni dengan pola makan sehat. Makan makanan yang mengandung omega-3 seperti telur, sayuran, ikan, kacang-kacangan, susu sapi, susu kedelai , dan juga biji-bijian. Makanan tersebut nyatanya sangat baik untuk menunjang agar otak tetap aktif dan sehat.
  6. Permainan Asah Otak
    Kegaiatan yang ringan dan fun seperti game nyatanya juga dapat mencegah terjadinya pikun di usia muda, game yang dimaksud disini adalah permainan asah otak yang bisa anda mainkan, bisa secara tradisional atau modern melalui ponsel..

Itulah beberapa cara efektif mencegah pikun yang dapat kamu coba lakukan

Baca juga: Hasil Penelitian, Minum Kopi Dapat Memicu Vertigo

Baca juga: Startup Indonesia Jadi Idola Investor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *