Pemkab Kuansing Lakukan Pengangkatan PPPK Bertahap

Pemkab Kuansing Lakukan Pengangkatan PPPK Bertahap

Taluk Kuantan (Halo Kuansing) – Pemkab Kuansing Lakukan Pengangkatan PPPK Bertahap. Pengangkatan Pegawai Pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) mulai dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Kuantan Sengingi secara bertahap pada 26/6/2022. lebih dari 600 orang akan di SK kan oleh Pemkab Kuantan Sengingi dan pemberian SK ini akan dilakukan dalam tiga tahapan.

Plt Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kuantan Sengingi Marwan, mengatakan adapun langkah ini dilakukan karena mengingat keterbatasan anggaran daerah yang ada, oleh karenanya pemkab Kuansing lakukan pengangkatan PPPK bertahap.

Baca juga: Survei: Eletabilitas Nasdem Menurun Pasca Usulkan Anies Baswedan

“Setahu saya katanya dulu pemerintah pusat menganggarkan gaji PPPK, sekarang ini yang disuruh daerah. Nah untuk hal itu Kuansing belum ada”, dikutip dari wawancara Marwan kepada GoRiau.com

Dikarenakan oleh hal tersebut, Pemerintah kabupaten Kuantan Sengingi akan membagikan SK Pegawai yang berstatus PPPK secara bertahap, untuk pegawai PPPK bidang kesehatan akan mendapat SK pada awal tahun ini, kata Marwan.

Menurut Marwan, Pemerintah kabupaten Kuantan Sengingi untuk saat ini sudah mulai berupaya untuk mencari anggaran untuk menggaji pegawai PPPK akan di SK kan tahun ini. Dari hasil penggeseran, maka diperoleh untuk gaji pegawai PPPK untuk tiga bulan.

“Saat ini kita hanya bisa untuk tiga bulan untuk mencari gajinya, berarti kira-kira untuk bulan Oktober, November dan Desember. Kita menargetkan hal ini akan bisa segera tuntas sebelum bulan Oktober, tutur Marwan.

Selanjutnya Marwan mengatakan untuk seleksi pegawai PPPK tahun 2021 juga akan dilakukan secara bertahap, yakni dua tahapan, untuk hal tersebut pembekalan juga akan dilakukan secara bertahap agar nantinya bisa lebih maksimal dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

PPPK sendiri adalah warga negara Indonesia yang telah memenuhi syarat tertentu berdasarkan hasil seleksi dan telah diumumkan secara resmi, kemudian diangkat berdasarkan perjanjian kerja untuk jangka waktu tertentu dalam rangka melaksanakan tugas pemerintahan. Pengangkatan PPPK juga diatur tegas dalam UU ASN. Adapun untuk rekrutmen dari pegawai PPPK juga dilakukan berdasarkan hasil seleksi tes kemampuan dasar seperti halnya CPNS.

Adapun regulasi yang mengatur gaji PPPK ini, terdapat pada Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 98 Tahun 2020 tentang Gaji dan Tunjangan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja. Kemudian juga diatur dala PP No 49 tahun 2018 tentang Manajemen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja terkait ketetapan gaji PPPK.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *