Muncul Rencana Pembentukan Provinsi Sumatera Tengah, Nama Kab. Kuansing Dicaplok

Muncul Rencana Pembentukan Provinsi Sumatera Tengah, Nama Kab. Kuansing Dicaplok

Daerah Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) Provinsi Riau dimasukkan oleh inisiator yang mempunyai rencana untuk pembentukan provinsi Sumatera Tengah, Indonesia.

Didalam surat usulan tersebut pengajuannya langsung kepada Presiden RI Joko Widodo tertangga tanggal 27 Oktober 2022 yang lalu, Nama Kabupaten Kuansing ternyata masuk kedalam wilayah Provinsi Sumatera Tengah dalam usulan tersebut.

Jika dengan opsi tersebut terjadi pembentukan provinsi Sumatera Tengah, maka Kabupaten Kuansing akan dipisahkan dari Provinsi Riau.

“Usulan ini kami ajukan untuk mewujudkan daya saing masyarakat pada tujuh kabupaten dan kota yang berasal dari Provinsi Sumatera Barat, Provinsi Riau dan Provinsi Jambi, dengan jumlah penduduk 1.847.000 jiwa dan dengan luas wilayah sebesar 23.170 km²,’ ucap H Zulfikar Atut, Dt.Penghulu Besar sebagai Ketua Inisiator tertulis dalam surat usulan yang beredar di sejumlah group WhatsApp tersebut.

Dalam usulan itu, Provinsi Sumatera Tengah itu mencaplok 7 kabupaten yang berada di wilayah 3 provinsi yaitu, Kabupaten Kuansing yang saat ini merupakan kabupaten yang berada di Provinsi Riau. Secara geografis, mayoritas wilayah Kuansing lebih dekat dengan Dhamasraya dari pada ibu kota Provinsi Riau Pekanbaru.

Kemudian Kabupaten lainnya yang dimasukkan dalam usulan adalah Kabupaten Solok Selatan, Kabupaten Dharmasraya dan Kabupaten Sijunjung. Ketiga kabupaten tersebut adalah kabupaten dari wilayah Provinsi Sumatera Barat.

Sedangkan untuk wilayah Provinsi Jambi yang akan diklaim yakni, Kabupaten Bungo, kemudian Kabupaten Kerinci serta Kabupaten Sungai Penuh.

Inisiator dalam surat tersebut sudah menentukan bahwa Sungai Rumbai Kabupaten Dhamasraya akan dijadikan sebagai Ibukota Provinsi Sumatera Tengah tersebut.

Dari usulan itu, tim inisiator berharap supaya pemerintah pusat bisa segera melakukan kajian dan rapat serta dengan keputusannya adalah lahirnya provinsi baru yakni Provinsi Sumatera Tengah.

Baca juga: Heboh Kemarahan Bupati Meranti, Rocky: Itu Hal Yang Masuk Akal

Salah seorang Dosen di Universitas Riau, Zul Wisman menjelaskam APBN saat ini sudah cukup berat untuk dapat mensubsidi daerah dalam perwujudan dana transfer daerah.

Zul menerangkan, Dengan sudah banyak daerah di Indonesia yang tidak mandiri secara fiscal, rata-rata hanya di angka 10 hingga 15 persen kemandirian fiscal daerah.

“Ini tentu menjadi beban bagi pusat. Jadi banyak hal yang harus diuraikan dan jadi pertimbangan,” jelasnya.

Isu pemekaran provinsi baru ini muncul setelah viral beredarnya surat usulan yang dibuat oleh H Zulfikar Atut, Dt.Penghulu Besar sebagai Ketua Inisiator Provinsi Sumatera Tengah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *