Ketua DPR Amerika Kunjungi Taiwan, China Murka!

Ketua DPR Amerika Kunjungi Taiwan, China Murka!

ketua States House of Representatives atau Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Amerika Serikat Nancy Pelosi, mengunjungi Taiwan pada selasa (2/8/2022). Ia sangat berani mengunjungi Taiwan karena mendapat kecaman dan ancaman dari RRT atau Negara China. Beijing mengutuk kunjungan ketua DPR Amerika tersebut ke Taiwan.

Baca juga: Viral Ibu Kos Menikah Dengan Anak Kosnya, Jodoh Siapa Yang Tahu

Nancy Peloci beserta delegasinya mendarat di Bandara Taipe pada selasa malam dan setelah itu berencana untuk bertemu langsung dengan Presiden Taiwan Tsai Ing Wen dan delegasinya yakni Ketua DPR Taiwan You Si-kun pada Rabu pagi kemarin (3/8/2022).

Kunjungan Ketua DPR Amerika Serikat ke Taiwan, Nancy Pelosi mendapat kecaman keras dari China. China menanggap Pelosi terlalu ngotot untuk datang ke Taiwan dengan alasan apapun. Dan atas apa yang di lakukan perwakilan Amerika Serita itu, China berjanji akan membalas perbuatan Nancy Pelosi tersebut dengan balasan berupa serangan militer. China mengatakan bahwa Amerika Serikat telah berani untuk bermain-main dengannya terkait isu Taiwan dan Washington akan menerima dan harus siap bertanggung jawab atas ulahnya itu.

Kementrian luar negeri China memberikan tanggapan terkait kunjungan pertemuan AS – Taiwan tersebut. ” Amerika terus-terus saja melakukan distorsi, mengaburkan dan melanggar prinsip-prinsip Satu China. Gerakan ini solah-solah bermain api, sangat membahayakan. Mereka yang telah bermain api akan binasa karena ulahnya,” bunyi pernytaan yang dikeluarkan oleh Kemenlu China atas kunjungan Nancy Pelocy ke Negara Taiwan.

China menanggap apa yang dilakukan Pelosi itu telah menngindikasikan kuat bahwa Amerika Serikat telah tidak lagi mengacuhkan prinsip Satu china. Bagi Beijing, semua Negara yang ingin menjalin hubungan diplomatik dengannya harus setuju dengan prinsip Satu China. Hal ini berarti bahwa China lah pemerintah yang sah secara kewilayahan yang mencakup daratan China, Tibet, Hongkong, Macau dan tentunya Taiwan.

Nancy Pelosi mengatakan bahwa kunjungannya ke Taiwan yakni sebagai bentuk Amerika mendukung Taiwan pasca serangkaian tidakkan intimidasi China. Pelosi mengatakan Beijing telah menekan Taiwan dari sisi ekonomi, dengan mendesak perusahaan global memutus hubungan dengan pulau tersebut, mengintimidasi negara yang bekerja sama dan menekan Taipei bahkan dari sektor pariwisata.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *