Inflasi Riau Tinggi, Gubri: Jangan Bergantung Beras Provinsi Tetangga

Inflasi Riau Tinggi, Gubri: Jangan Bergantung Beras Provinsi Tetangga

Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar menginstruksikan kepada dinas terkait agar dapat menyiapkan langkah kongkret dan strategi jitu guna mengendalikan tinggi inflasi di Provinsi Riau, arah Gubri. 

Terpantau saat ini inflasi di Provinsi Riau mencapai 6,81 persen. Kenaikan inflasi ini terjadi disebabkan karena naiknya harga beras premium, terutama di Kota Pekanbaru. 

Gubernur Riau menerangkan, dari persentase yang terdata di BPS (Badan Pusat Statistik) nasional merupakan berpengaruh terhadap inflasi di Riau itu adalah Pekanbaru. 

“Jadi ini Pekanbaru yang menjadi penyumbang inflasi yakni dari beras, 19 persen dari beras. Itu langsung kepala BPS (Badan Pusat Statistik) yang persentase,” kata Gubri saat rapat koordinasi pengendalian inflasi bersama OPD di lingkungan Pemprov Riau, Jumat (20/1/2023). 

Atas inflasi tinggi di Riau, Gubri meminta kepada OPD (Organisasi Perangkat Daerah) terkait untuk segera melakukan operasi pasar secara terus menerus, yang diharapkan hal ini akan membuat inflasi di Riau tinggi karena kota Pekanbaru akibat tingginya harga beras bisa dikendalikan. 

“Pekanbaru ini harus terus dilakukan operasi pasar terus menerus sampai bulan Desember mendatang,” pintanya. 

Lebih lanjut, Gubri Syamsuar mengatakan tingginya harga beras premium di Pekanbaru itu dikarenakan oleh tingginya konsumsi beras premium. Oleh karenanya, Gubri ingin perlu dilakukan intervensi agar harga beras tidak terus naik. 

“Rata-rata konsumsi masyarakat Pekanbaru ini beras premium. Itu makanya Dinas Pangan dan Holtikultura Riau dapat mengambil beras dari kabupaten untuk dijual di Pekanbaru, karena saya dapat informasi beras premium ini ada juga di Siak dan Kampar. Kemudian untuk pemasarannya itu tegas Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM Riau kepada pedagang,” pintanya.

Baca juga: Mengatasi Gugup dan Stres Dengan Mencuci Muka

Gubri juga berharap agar masyarakat tidak terlalu bergantung untuk membeli beras dari provinsi selain Provinsi Riau. Dengan persepsi inflasi Riau juga bisa turun. 

“Jadi jangan kita diam saja. Artinya jangan kita tergantung terus pada pasar dengan beras dari provinsi tetangga. Kalau seperti itu terus tidak akan mungkin inflasi ini turun. Makanya harus ada langkah gerakan dan langkah kongkret kita,” tukasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *