Inflasi Riau Naik 0,12 Persen Jelang Natal dan Tahun Baru

Inflasi Riau Naik 0,12 Persen Jelang Natal dan Tahun Baru

Inflasi di Provinsi Riau pada Desember 2022 naik sebesar 0,12 persen dari sebelum 5,77 persen menjadi 5,89 persen menjelang perayaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru).

Dikutip dari Cakaplah, Hal tersebut disampaikan oleh Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau, SF Hariyanto, Senin (12/12/2022) seusai rapat koordinasi (Rakor) Pengendalian Inflasi Daerah di Provinsi Riau.

“Inflasi kita sekarang di Provinsi Riau naik dari bulan kemarin (November) 5,77 persen, sekarang 5,89 persen atau ada kenaikan sebesar 0,12 persen,” kata SF Hariyanto.

SF Hariyanto menjelaskan, kenaikan inflasi di Provinsi Riau dikarenakan oleh sejumlah faktor. Diantaranya karena kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM) subsidi.

“Termasuk naiknya barang pokok diantarnya cabai besar, dan (bahan pokok) lainnya jelang perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru),” ujar SF Hariyanto juga sebagai Ketua Tim Inflasi Daerah (TIPD) Riau saat ini.

Dengan kondisi tersebut, pihaknya akan melakukan peninjauan lapangan untuk melihat faktor-faktor kenaikan bahan pokok bersama tim satuan tugas (Satgas) Pangan Provinsi Riau.

“Kita akan lihat bahan pokok yang terjadi kenaikan. Kalau memang nanti ada terjadi kekurangan bahan pokok disebabkan oleh permintaan, kemungkinan kita akan coba minta bantuan kepada badan ketahanan pangan nasional, kita akan buat surat ke sana” ucapnya.

Dilansir dari InfoPublik.id,Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM Riau memastikan bahwa stok bahan pokok utamanya beras masih mencukupi Menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM Riau Taufiq OH menyebut, pihaknya juga telah melakukan rapat bersama para distributor telah diperoleh hasil bahwa stok bahan pokok masih tersedia dan mencukupi.

Akan tetapi, terdapat kecendrungan sejumlah bahan pokok mulai mengalami kenaikan harga. “Tapi ada kecendrungan jelang hari besar, harga bahan pokok mengalami kenaikan, itu yang saat ini harus dijaga,” katanya, Senin (12/12/2022).

Baca juga: Bupati Meranti Sebut Kemenkeu Isinya Setan dan Iblis, Ini Sebabnya

Agar hal tersebut terkendali, pihaknya dalam waktu dekat akan melakukan peninjauan kelapangan. Tepatnya dibeberapa lokasi yang akan dikunjungi seperti pasar-pasar serta gudang distributor.

“Kami juga akan rapat bersama Forkopimda Riau untuk membahas antisipasi kenaikan harga pokok serta pengecekan stok bahan pokok,” ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *