Eks Gubernur Riau Rusli Zainal Akan Bebas Besok

Eks Gubernur Riau Rusli Zainal Akan Bebas Besok

Mantan Gubernur Provinsi Riau dua periode, Rusli Zainal tidak lama lagi akan segera bebas dari masa pehanannya dari dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Pekanbaru dan bisa menghirup udara bebas.

Baca juga: Sidang Lanjutan Andi Putra, Pengacara: Kita Minta Terdakwa Dibebaskan!


Rusli Zainal akan bebas pada kamis,21 Juli 2022 esok. kabar itu diketahui kangsung dari Kasubbag Humas Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkum HAM) Riau, Koko Syawaluudin Sitorus.

“InsyaAllah akan bebas bersyarat pada Kamis, 21 Juli 2022 nanti,”ucap Koko Syawaluudin Sitorus (Selasa 19/07/2022

Ia menyampaikan bahwa Rusli Zainal bebas bersyarat. Pembebasan Bersyarat atau disingkat PB ini adalah satu dari program integrasi yakni untuk Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP). Program integrasi ini sudah banyak banyak diterima oleh tahanan ketika masa hukumannya penahanannya sudah habis.

Seperti yang telah diketahui, Rusli Zainal ditahan karena terkait kasus yakni kasus suap kehutanan dan juga kasus suap PON Riau dulu.

Pada masa itu, Hakim Tindak Pidana Korupsi pada Pengadilan Negeri Pekanbaru memutuskan bahwa Rusli Zainal mendapat hukuman yakni penjara selama 14 tahun serta harus membayar denda sebesar 1 miliar rupiah, dengan subsider 6 bulan penjara.

Dampak lain yang ia terima dari kasus tersebut ialah hak politiknya dicabut.

Rusli Zainal juga sempat mengajukan banding atas vonis yang dijatuhkan hakim pada dirinya. Akan tetapi, Pengadilan Tinggi Riau mengurangi masa penahanan penajara Rusli Zainal menjadi 10 tahun pada 7 Agustus 2012 yang lalu.

Belum lama ini, Rusli Zainal dianggap bukan aktor utama dari kasus korupsi yang menjeratnya. Akan tetapi Jaksa Penuntut Umum KPK kembali mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung. Pertarungan hukum di meja hijau dari kasus Rusli Zainal akhirnya usai setelah Mahkamah Agung mengabulkan permohonan untuk peninjauan kembali (PK) Rusli Zainal.

Hakim Agung mengurangi masa hukuman Rusli Zainal selama 4 tahun, hingga dari 14 tahun menjadi hanya 10 tahun. Hakim mengetok palu keputusan ini pada 14 Agustus 2017 lalu.

Rusli Zainal adalah Gubernur Riau periode 2003—2008 kemudian kembali terpilih menjadi Gubernur untuk periode 2008—2013. Sebelum menjadi Gurbernur Rusli Zainal adalah Bupati Indragiri Hilir pada periode 1999—2003.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *