DPR Akan Legalkan Ganja di Indonesia?

DPR Akan Legalkan Ganja di Indonesia?

Halo Kuansing – DPR Akan Legalkan Ganja di Indonesia?. Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad menyatakan bahwa pihaknya akan mencoba untuk melakukan kajian terhadap legalisasi ganja di Indonesia, adapun katanya legalisasi ganja ini nanti diperuntukan guna kepentingan medis. Dasco mengatakan sampai saat ini belum ada upaya dalam bentuk kajian legalitas ganja di Indonesia.

“Nanti kita ajukan untuk kajiannya apakah itu nanti bisa mungkin untuk ganja itu nantinya dipergunakan sebagai salah satu obat medis yang memang bisa dipergunakan, karena di Indonesia kajiannya belum ada,” kata Dasco kepada awak media saat wawancaranya di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Senin (27/6).

Baca juga: Ini Dia Daftar Negara Termiskin Di Dunia, Ada Indonesia?

Jadi apakah nantinya DPR legalkan ganja di Indonesia?, Politisi Partai Gerindra itu tahu bahwa sampai saat ini dibeberapa negara ganja sudah legal digunakan untuk kepentingan medis. Tetapi, dia juga mengetahui juga bahwa peraturan perundang undangan dibidang kesehatan ataupun narkotika belum mengakomodasi hal tersebut

Untuk selanjutnya kajian tersebut akan dilakukan oleh komisi yang membidangani hal itu bersama dengan Kementrian Kesehatan (Kemenkes)

“Kita akan coba lakukan koordinasikan dengan komisi teknis serta Kemetriann kesehatan, dan juga pihak terkait lainnya, agar kita juga bisa kemudian menyikapi hal ini,” ungkapnya.

Meskipun begitu, Dasco untuk legalitas ganja medis agar bisa masuk kedalam UU Narkota Nasional yang kini tengah direvisi oleh Komisi III DPR tidak bisa dipastikan olehnya.

“Ya nanti kita coba koordinasikan [dengan Komisi III],” katanya.

Dilain sisi, beberapa waktu yang lalu (26/6) dikegiatan Car Free Day, seorang ibu dan anaknya melakukan aksi damai di kawasan Bundaran HI Jakarta. Ibu tersebut benama Santi Warastuti dan anaknya bernama Pika yang menderita penyakit kelaian otak.

Saat melakukan aksi tersebut santi membawa surat yang ia maksudkan kepada Hakim MK untuk bisa segera mengeluarkan putusan atas permohonan uji yang atas UU Narkotatika yang telah ia ajukan guna untuk keperluan medis anaknya.

Selain membawa surat dalam aksinya tersebut Santi terlihat tengah memegang papan putih dengan tulisan “Tolong Anakku Butuh Ganja Medis”, hal ini diketahui dari foto yang beredar.

Santi mengaku sudah menanti selama hampir dua tahun agar Mahkamah Konstitusi (MK) mengabulkan permohonannya untuk melegalisasi ganja medis di Indonesia, oleh karenanya santi mendorong legalitas ganja medis di Indosia, karena kata Santi anaknya sangat membutuhkan ganja medis untuk pengobatan dan penyembuhan anaknya Pika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *