Disperindag Riau: Harga Cabai Mulai Turun

Disperindag Riau: Harga Cabai Mulai Turun

(Halokuansing.com) – Disperindag Riau: Harga Cabai Mulai Turun. Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM Provinsi Riau, Taufiq OH mengatakan bahwa harga cabai di Provinsi Riau telah mulai merangkak mengalami penurunan harga sampai saat ini.

Taufiq menuturkan penurunan harga cabai terjadi pada bulan Agustus dimana pada bulan sebelumnya harga cabai dipasar naik dan banyak dikeluhkan oleh mayarakat terutama emak-emak yang berbelanja di pasar.

“Sekarang pada bulan Agustus akhir bulan ini (harga cabai) cendrung menurun. Juli lalu diharga Rp120 ribu dan Rp 100 ribu. Nah itu terus turun tu. Terakhir kemarin sampai diharga Rp 50 ribu”, ujar Taufiq Selasa (30/8/2022), dilansir dari Cakaplah.com

Taufiq menjelaskan bahwa pihaknya sampai saat ini terus melakukan upaya dan langkah-langkah agar harga cabai dan bahan pokok di Provinsi Riau stabil dan terbaik. Ia pun mengatakan seperti contohnya dimana pihak Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM Provinsi Riau yang mempertemukan Kadin Dumai dengan pelaku pasar induk di Medan yang melakukan penandatangan kerjasama (MoU) untuk bisa saling berkoordinasi.

“Kalau misalnya disana (di Medan) banyak sembako seperti cabai, dikirim kesini (Riau), ke Dumai. Karena di Medan relatif lebih stabilmharganya”, tutur Taufiq

Baca juga: Produksi Beras Provinsi Riau

Terlebih lagi, ia menjelaskan bahwa hingga saat ini harga cabai merah berada dikisaran harga Rp 55 ribu per kilogram di pasaran. Taufiq mengatakan bahwa diawal, harga cabai di Riau mulai naik pada bulan Maret 2022. Sampai saat itu masih ada diskusi dengan para petani cabai di Riau dan Sumbar dikarenakan harga pupuk yang juga naik, sehingga petani tidak sanggup membiayai modal mereka.

“Kalau sekarang harga sudak mulai membaik, jadi terus, cenderung harga cabai turun” pungkasnya

Beberapa waktu yang lalu sempat terjadi kenaikkan harga barang pokok dipasar seperti telur yang naik harganya namun pada bulan Juli-Agustus harga telur kembali turun. Namun sayangnya harga cabai yang merangkak naik hingga terakhir pada awal Agustus harga cabai merah di pasar berada pada harga Rp120 ribu dan Rp 100 ribu. Kenaikan harga cabai diklaim karena beberapa faktor seperti salah satunya harga pupuk yang mulai naik atau mahal. Meskipun begitu, akhir Agustus ini harga cabai diperkirakan kembali turun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *