Dinilai Merugi, Muflihun Panggil Sejumlah BUMD

Dinilai Merugi, Muflihun Panggil Sejumlah BUMD

Pekanbaru (Halo Kuansing) – Muflihun Panggil Sejumlah BUMD. Muflihun beberapa waktu yang lalu memanggil sejumlah Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) milik Kota Pekanbaru yang belakangan ini tengah disoroti karena kinerjanya yang kurang baik bahkan dinilai sakit. Beberapa BUMD akan dilalukan pemanggilan direksinta dan akan dilakukan evaluasi. pemanggilan direksi BUMD ini dilakukan langsung oleh Muflihun selaku PJ Walikota Pekanbaru yang menilai bahwa sejumlah BUMD ini tidak menampakkan kemajuan yang signifikan bahkan terus mengalami kerugian dan hal ini berimplikasi pada terbebaninya Anggaran Pendapatan Belanja daerah (APBD) kota Pekanbaru. oleh karenanya Muflihun Panggil Sejumlah BUMD.

Baca juga: 8 Tips Menghilangkan Ngantuk Saat Bekerja

Pemanggilan sejumlah direksi ini dilakukan oleh PJ Walita Pekanbaru Muflihun agar busa mengetahui langsung kondiri rill yang terjadi pada internal BUMD yang merugi tersebut. “ya ada planning pemko akan lakukan evaluasi kepada BUMD yang memiliki kondisi sakit. “Kami sudah agendakan dengan Asisten II (Setko Pekanbaru, red) untuk rapat dengan seluruh (direksi, red) BUMD,” tutur Muflin akhir minggu yang lalu.

Menurutnya, sebagai PJ Walikota Pekabaru saat ini harus mengetahui sendiri secara langsung mengenai kondisi BUMD yang sakit. Beliua sendiri mengaku banyak mendengar kabar tentang kondisi BUMD yang yang merugi tersebut. “Ingin tahu kebenarannya. Saya banyak masuk (laporan, red) ke WhatsApp terkait BUMD ini, Yang katanya menghabiskan uang negara lah, yang macam-macam lah bahasanya,” ucapnya.

Untuk tahap awal Muflihun akan memanggil seluruh direksi BUMD, direksi BUMD tersebut akan dipanggil secara satu persatu. “Kita sudah jadwalkan (rapat) sama Asisten II. Pelan-pelan (dibenahi, red),” imbuhnya. Sebelumnya, Muhammad Jami selaku Sekretaris Kota Pekanbaru mengatakan akan datang untuk mengetahui proses berjalannya audit dari sejumlah perusahaan tersebut. Tujuan agar selain PJ Walikota Pemerintah Kota juga dapat melihat dan mengetahui evalusi dari kinerja BUMD.

“Kami lihat mekanismenya nanti, seperti apa mereka menjalankan perusahaannya. Kami akan lakukan komunikasi dan diskusi langsung dengan PJ Walikota Pekanbaru,” ujar Jamil. Ia mengatakan bahwa memang sepanjang tahun BUMD telah dilakukan audit. Asisten II Setko Pekanbaru sebagai pengawas di BUMD tersebut juga melaporkan hasil audit ke kepala daerah. “Sebetulnya SDM sudah dievaluasi kemarin. Waktu dijabat direktur (PDAM Tirta Siak, red) SDM mereka perbaiki. Kan belum lama ini, baru setahun. Dengan adannya perbaikan SDM ini harapannya akan bisa menjadi lebih baik,” pungkasnya. Berdasarkan informasi yang diperoleh, salah satu BUMD milik pemerintah kota, yakni PDAM Tirta Siak memiliki tunggakan pelanggan mencapai miliaran rupiah.

Baca juga: Harga TBS Terus Anjlok, Apkasindo Minta Pemerintah Bergerak Cepat

adapun jumlah tersebut merupakan gabungan dari sejumlah tunggakan pelanggan aktif dan pelanggan yang telah diputus. Pelanggan yang diputus sekitar 12.366 sambungan rumah tangga (SR). Sementara itu juga ada tunggakan dari pelanggan aktif sebanyak 7.152 SR dari total 13.758 SR aktif

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *