Capaian PAD Lima OPD Kuansing Masih Dibawah 10 Persen

Capaian PAD Lima OPD Kuansing Masih Dibawah 10 Persen

Realisasi capaian Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Kuantan Sengingi per September 2022 saat ini masih 50,96 persen. Jika ditelusuri lebih detai maka diketahui ternyata terdapat capaian PAD dari lima Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang realisasinya masih dibawah 10 persen.

Dilansir dari GoRiau.com, Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kuantan Sengingi, Jafrinaldi mengatakan hingga saat ini masih ada sekita lima OPD yang realisasi dibawah 10 persen.

Capaian PAD Lima OPD dibawah 10 persen yang dimaksud adalah Bagian Umum Setda (pemakaian kekayaan daerah), kemudian Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Kesehatan Pangan, Dinas Perkebunan dan Peternakan, Dinas Perikanan serta Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga.

Jafrinaldi juga menjelaskan, PAD Bagian Umum Setda Kuansing ditargetkan sebesar Rp500 juta untuk tahun 2022. Sedangkan Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura dan Ketahanan Pangan ditargetkan Rp 118 juta untuk tahun 2022.

“Sedangkan untuk Dinas Perkebunan dan Peternakan ditargetkan PAD sebesar Rp Rp830 juta” ungkap Jefrinaldi.

Selanjutnya untuk Dinas Perkebunan, Pemerintah Kabupaten Kuantan Sengingi menargetkan PAD sebesar Rp55 juga dan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga ditargetkan Rp30 juta.

“Kalau Disdikpora itu sewa stadion Sport Center, sekarang masih dalam tahap rehabilitasi”, ujar Jafrinaldi.

Jafrinaldi menjelaskan, Pemkab Kuansing memproyeksikan PAD tahun 2022 sebesar Rp121 milyar. Hingga September 2022, realisasi capaian PAD baru sebesar Rp61,6 miliar yakni 50,96 persen.

Untuk detailnya, hasil pajak daerah sebesar Rp22,6 miliar lebih, sedangkan dari hasil retribusi daerah senilai Rp2,6 miliar lebih dan lain-lain pendapatan daerah yang sah sebesar Rp36,3 miliar rupian, dikutip dari GoRiau.com.

Jafrinaldi menambahkan, per Agustus Realisasi PAD sebesar Ro53,8 miliar dan per September lalu ada kenaikan sebesar Rp7,8 miliar lebih.

Baca juga: Kebutuhan Vaksin Meningitis Meningkat Untuk Provinsi Riau

Dengan masih adanya waktu yang tersisa hingga tutup buku akhir tahun, Badan Pendapatan Daerah Kuansing akan terus berusa untuk mencapai target Pendapan Asli Daerah (PAD) yakni sebesar Rp121 miliar. Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kuansing juga akan mendorong agar Organisasi Perangkatn Daerah (OPD) yang saat ini dibebankan PAD untuk dapat mengejar target yang telah diproyeksikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *