5 Kebiasaan Sepele Bikin Laptop Cepat Rusak

5 Kebiasaan Sepele Bikin Laptop Cepat Rusak

Pada masa saat ini, peran laptop sudah sangat vital bagi aktifitas kita baik itu untuk bekerja, belajar ataupu sekedar hiburan. Apalagi saat pandemi beberapa waktu yang lalu, laptop menjadi kebutuhan primer bagi pekerja maupun pelajar untuk beraktifitas dari rumah. Namun sering kali kebiasaan sepele membuat laptop kita cepat rusak.

Baca juga: Rumah Ustadz Yusuf Mansur digruduk Korban Investasi

Karena pentingnya peran serta fungsi laptop dalam kehidupan kita, maka sudah selayaknya kita untuk menjaga laptop agar tetap sehat dan fungsinya tetap terus bisa berjalan sebagaimana biasanya.

Akan tetapi terkadang laptop mengalami kerusakan baik itu kerusakan dari hardware (perangkat keras) maupun kerusakan software (perangkat lunak) dan sering kali hal yang memicu kerusakan laptop ialah kebiasaan kita yang kita lakukan terhadap laptop yang sering dianggap sepele atau sering kita abaikan.
Lantas kebiasaan apa sajakah itu, simak 5 kebiasaan sepele yang dapat membuat laptop cepat rusak dilansir dari eraspace.com:

  1. Menggunakan laptop diatas permukaan yang tidak datar
    Kebiasaan ini sering kali lakukan saat menggunakan laptop yakni menggunakan laptop diatas permukaan yang tidak datar antara lain seperti diatas kasur, diatas paha serta permukaan lainnya yang tidak datar. Kondisi ini dapat membuat laptop cepat rusak karena laptop membutuhkan sirkulasi udara yang baik yang bertujuan mengurangi panas laptop. Meletakkan laptop pada bidang yang tidak rata dapat menghambat sirkulasi udara dan membuat laptop menjadi panas dan cepat rusak.
  2. Laptop Terhimpit dengan barang berat
    Laptop merupak komputer portable yang sering dibawa kemana-mana, alhasil sering kali laptop dimasukkan kedalam tas berhimpitan dengan buku-buku dan terkadang juga leptop kerap diletakkan disembarang tempat yang berhimpitan dengan barang-barang lainnya. Kondisi ini dapat membuat laptop yang tipis tersebut cepat rusak.
  3. Jarang atau tidak pernah membersihkan laptop
    Menjaga kebersihan laptop sangatlah penting, jika jarang membersihkan laptop maka kotoran dan debu akan masuk dan menumpuk dalam laptop, hal ini bisa menimbulkan overheat yang mempercepat kerusakan laptop.
  4. Menggunakan kecerahan maksimal
    Tingkat kecerahan maksimal laptop sering kita gunakan apalagi saat berada diluar ruangan, jika terlalu sering menggunakan kecerahan maksimal pada laptop maka akan berpengaruh pada batrai laptopyang cepat boros dan akan menimbulkan kerusakan lainnya pada laptop.
  5. Melakukan Charge Laptop yang salah
    Hal ini maksudnya ialah ketika ingin me nge charge laptop kita kadang menancapkan mencolokkan dahulu pada laptop baru kemudian pada mencapkan colokan pada listrik, ternyata hal ini prosedur yang salah dan kadang sering dilakukan, hal ini dapat membuat laptop cepat rusak karena daya listrik belum stabil langsung mengalir dalam laptop kerusakan ini akan berimbas pada motherboard laptop. Maka prosedur yang benar ialah colokkan terlebih dahulu adaptor kabel ke kontak listrik baru kemudian tancapkan colokkan ujungnya ke laptop anda.

Baca juga: Sebanyak Tiga Orang Pengedar Sabu Berhasil Ditangkap

Walapun kebiasaan diatas nampak sepele, nyatanya hal itulah yang dapat membuat laptop cepat rusak, maka mulai saat ini jauhi kebiasaan tersebut agar laptop anda lebih awet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *